Belajar tentang mesin mau ga mau kita harus mengetahui segala sesuatunya
tentang mesin bila kita ga mau ketinggalan...dari mulai logika
kinerjanya, fungsi, jenis-jenis partnya dan juga materialnya...dari
beberapa komponen tersebut kita pun harus mengetahui jenis-jenis
komponen dengan teknologi-teknologinya terutama komponen-komponen yang
menurut kita anggap vital..... tentunya hal itu sangatlah penting untuk
merubah prilaku kita terhadap part yang akan kita gunakan agar sesuai
dengan standar fungsinya....Bahasan ulasan kali ini I B L J akan mencoba
menyapaikan teknologi-teknologi yang ada pada klep dari berbagai sumber
yang menurut I B L J dapat di gunakan sebagai refrensi.....sejauh ini
bagaimana prilaku kita saat menggunakan klep...??? pasti ada yang
langsung gunakan tanpa mau tau kelebihan dan kekurangan atau
teknologinya yang penting diameter besar batang kecil dan banyak yang
menggunakan....wajar saja si karna yang tersedia di pasaran ya hanya
klep-klep yang seperti itu.... di tambah lagi tidak ada produknowlage
(keterangan pengetahuan produk) dari part yang di jual...membuat kita
sebagai Custamer merasa di bodohi.....padahal kita sebagai
custamer/pembeli berhak tau karna ada undang-undangnya lo hehe jadi
panjang lebar....
Ternyata klep memiliki banyak teknologi lo walaupun bentuknya secara
kasat mata tetap sama....kemajuan teknologi dan pesatnya persaingan
kompetisi balap di lapang mendorong Manufacturing terus mengembangkan
teknologi partnya berikut penjelasannya
- Hard Chrome Plating Valve
Klep dengan teknologi ini biasanya di gunakan untuk mesin berkinerja tinggi karna memiliki batang katup
dengan koefisien gesek yang rendah, permukaan yang keras dan tahan aus . Hard
chrome menawarkan pilihan terbaik untuk aplikasi mesin ekstrim dengan
membiarkan sifat pelumasan yang lebih tinggi dan perpindahan
panas yang lebih baik dari batang klep.
- Sodium Filled-Hollow Stem Valves
Klep
yang memiliki rongga ini berungsi untuk mentransfer suhu panas dari
daun klep menuju seluruh bagian klep dengan menggunakan natrium sebagai
perantara yang di letakan di dalam rongga tersebut....karna bentuknya
yang berongga sehingga
dapat mengurangi bobotnya sampai 20%...namun Natrium yang berada di
dalam rongga akan berubah
menjadi gas yang berbahaya jika terkena suhu di atas 1650 drajat celsius
Katup bimetal salah satu klep canggih untuk aplikasi katup ekstrim yang biasa bekerja pada tempratur suhu yang tinggi, Katup bimetal pada dasarnya dibuat dari dua batang baja paduan bahan yang berbeda yang digabungkan bersama dengan pengelasan dua buah ke dalam satu komponen. Metode manufaktur katup adalah metode yang hanya direkomendasika untuk aplikasi katup pesawat terbang.
Bahannya yang ultra ringan dan kuat, membuat Semakin tinggi fluktuasi suhu antara asupan udara dan gas buang menjadi lebih rendah .....Biasanya untuk mesin yang memiliki karakter Rpm tinggi
Coatings klep dapat meningkatkan kekerasan permukaan komponen pada daun klep hingga 30 sampai 40 persen. Keuntungan terbesarnya dalam memakai Coating Valve, Pelapis termalnya dapat membantu dengan mengurangi suhu 100 sampai 200 derajat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar